15 Oktober 2011

Pembentukan Panitia Iedul Adha 1432 H

Hari Raya Iedul Adha 10 Dzulhijzah 1432 Hijriyah, Insya Allah bertepatan dengan hari Ahad tanggal 6 November 2011 Masehi.

Dalam melaksanakan rangkaian kegiatan ini, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Muhajirin membentuk ”Panitia Iedul Adha Masjid Al-Muhajirin”, yang kepadanya diberikan kewenangan, tugas dan tanggungjawab untuk melaksanakan rangkaian kegiatan tersebut sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan yang telah ditetapkan oleh DKM Al-Muhajirin.

Mengacu kepada kesepakatan Rapat Pembentukan Panitia Iedul Qurban 1429 Hijriyah yang telah disepakati pada tanggal 15 Nopember 2008, bahwa Posisi Ketua Panitia untuk tahun-tahun ke depan akan digilirkan kepada perwakilan masing-masing RT, sbb : Tahun 1429 H (RT.01), Tahun 1430 H (RT.02), Tahun 1431 H (RT.03), Tahun 1432 H (RT.04), Tahun 1433 H (RT.05).

Maka pada pelaksanaan tahun ini giliran RT.04 yang memimpin Panitia. Berdasarkan hasil musyawarah Pengurus RT.04/12 yang telah dilaporkan kepada forum musyawarah DKM Al-Muhajirin pada hari Jum’at malam Sabtu tanggal 14 Oktober 2011, terpilih untuk menjadi Ketua Panitia tahun ini adalah Bpk. Lasiman (RT.04/12).

Untuk tercapainya rencana kegiatan tepat waktu, DKM Al-Muhajirin memberikan batasan waktu pelaksanaan rangkaian kegiatan kepada Panitia, sesuai dengan skedule sebagai berikut :

Keterangan Waktu :
O = Wajib
A = Ideal
B = Terlambat
C = Sangat terlambat
D = Darurat




(Kegiatan nomor urut 1 dan 2 menjadi tugas dan tanggungjawab DKM Al-Muhajirin, dan nomor urut 3 s.d 11 menjadi tugas dan tanggungjawab Panitia).

Adapun pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al-Muhajirin diupayakan untuk dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah, sesaat setelah pelaksanaan Shalat Iedul Adha. Kecuali apabila waktu tidak memungkinkan untuk dilaksanakannya secara serentak – dalam hal ini dapat disebabkan karena banyaknya hewan qurban yang harus dipotong atau cuaca buruk, maka pelaksanan pemotongan dapat dilanjutkan pada hari berikutnya, yaitu pada tanggal 11,12, atau 13 Dzulhijjah.

Untuk syiar Islam, shalat Iedul Adha memang sebaiknya dilaksanakan di lapangan terbuka. Namun karena kondisi lapangan tidak memungkinkan, maka shalat Ied akan dilaksanakan di Ruangan dan Halaman Masjid Al-Muhajirin.

Sedangkan pemotongan hewan qurban akan dilaksanakan di lapangan RW.12 yang ada di dekat Masjid Al-Muhajirin.

Susunan organisasi Panitia yang telah dibentuk adalah sebagai berikut :
  1. Penasehat : MASOLAH, SANTOSO, SUHAR, IMAM SURONO
  2. Ketua Panitia : LASIMAN
  3. Sekretaris : AGIS SUGIANA
  4. Bendahara : PRANOTO
  5. Koordinator Bidang Perlengkapan  : SUPANGAT
  6. Koordinator Bidang Shalat Iedul Adha : SRI SLAMETO
  7. Koordinator Bidang Pendaftaran Qurban  : RAMUJI
  8. Koordinator Bidang Pembelian & Pemeliharaan  : EDI SAPUTRA
  9. Koordinator Bidang Pemotongan  : ARDIN RIZAL FACHRUDI
  10. Koordinator Bidang Penakaran : HARNO
  11. Koordinator Bidang Pendistribusian : TITIS SUTISNA
  12. Koordinator Bidang Kebersihan : PURWANTO
  13. Koordinator Bidang Keamanan : SUHAR
  14. Koordinator Bidang Konsumsi : IBU-IBU RT.04/12
  15. Koordinator Bidang Dokumentasi : SETIADI
Susunan panitia secara lengkapnya akan kami sampaikan secara langsung kepada masing-masing anggota Panitia. Adapun pembagian tugas dan tanggungjawab masing-masing panitia akan dibahas dalam pertemuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar