10 Februari 2007

Dauroh Janais, Persiapan Membentuk Rukun Kematian

Allah SWT berfirman, “Tiap-tiap jiwa pasti akan merasakan mati” (QS : Ali Imron : 185). Tak ada seorang pun yang dapat hidup kekal. Namun tak seorang pun yang mengetahui kapan datangnya peristiwa yang akan menghentikan segala kenikmatan hidup ini. Sikap yang paling bijak untuk menghadapi kenyataan ini adalah, bagaimana kita mempersiapkan kedatangannya.

Menanggapi keinginan dan harapan sebagian besar Warga RW.12, akan adanya sebuah tim yang siap melayani masyarakat muslim yang sedang tertimpa musibah kematian, khususnya dalam hal pengurusan jenazah, maka DKM Al-Muhajirin melakukan langkah awal dengan menyelenggarakan Dauroh Janais (Pelatihan Pengurusan Jenazah).

Kegiatan ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan kesadaran Kaum Muslimin, khususnya dalam beberapa hal berikut ini :
  1. Memahami hakikat musibah dan kematian bagi manusia.
  2. Meningkatkan kesiapan diri dan keluarga dalam menghadapi musibah dan kematian.
  3. Memahami adab islami dalam menghadapi musibah dan kematian.
  4. Memahami kewajiban seorang muslim terhadap jenazah.
  5. Memahami tata cara pengurusan jenazah sesuai tuntunan Rasulullah Muhammad SAW.
Untuk memberikan kesempatan kepada sebanyak-banyaknya peserta, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 18 Pebruari 2007 Pukul 08.00 WIB s/d Selesai, bertempat di Masjid Al-Muhajirin Puri Cendana Blok E Taman Lawu.

Pelatihan yang dikemas dalam bentuk perpaduan teori dan praktek ini dipandu oleh : Bpk. Ustadz Rafiuddin dari Yayasan Al-Mimbar Bekasi.

Kegiatan ini diikuti oleh Kaum Muslimin dan Muslimah, dari jamaah dan Para Pengurus Masjid dan Musholla di lingkungan Perumahan Puri Cendana dan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar